Sabtu, 21 Juni 2008

Akreditasi Lebih Mengarah padaPersiapan IT RumahSakit

Akreditasi merupakan syarat awal untuk bisa mendapatkan berbagai pengakuan dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit. Kami mengharapkan dengan kegiatan ini, rumah sakit dapat memenuhi persyaratan minimal dalam pengakuan terhadap kemampuannya dalam melayani masyarakat dengan baik.
Dalam rapat-rapat yang sudah berjalan, setiap seksi mengajukan usulan tentang hal-hal yang akan diperbaiki dalam rangka memenuhi persyaratan penilaian akreditasi. Diantara usulan yang banyak menyita perhatian adalah upaya penyediaan sarana komputer untuk digitalisasi data kepegawaian rumah sakit, komputer untuk database pasien di rekam medik, komputer untuk katalog buku di perpustakaan rumah sakit, komputer untuk informasi pasien yang di rawat di instalasi gawat darurat serta penyediaan "operating system" yang asli. Selain itu upaya untuk melengkapi persyaratan administrasi seperti standar operating procedur (SOP), standar pelayanan medik dan berbagai surat keputusan direktur yang melegalisasi berbagai bentuk pelayanan di rumah sakit sedikit demi sedikit terus di kumpulkan.
Bila dikaitkan dengan dimulainya penerapan tarif INA-DRG pada tanggal 1 Juli 2008 nanti, tim akreditas juga mempersiapkan "server" yang nantinya dapat menghubungkan semua komputer yang ada di rumah sakit, sehingga terjadi sinkronisasi data yang baik antar ruangan dan bagian di rumah sakit.
Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dengan proyek DHS II-nya berencana akan membantu rumah sakit dalam pengadaan komputer dalam rangka mensinkronkan data dari rumah sakit dengan dinas kesehatan. Diharapkan kerjasama ini dapat berlangsung dengan baik sehingga Data Kesehatan Kabupaten Kapuas dapat diandalkan keakuratannya. Kerjasama ini juga membantu akreditasi rumah sakit dalam memperbaiki kualitas pelaporan rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar